Rabu, 01 Oktober 2008

IMUNISASI ANAK

Penulis : infokes.com
Sumber >>http://www.rsiahermina.com/article/art_detail.php?id=3

Topik:Kesehatan Balita::

Imunisasi direkomendasikan untuk melindungi anak anda dari beberapa penyakit infeksi tertentu. Untuk sebagian besar anak, imunisasi hanya menimbulkan sedikit resiko.

Vaksin hepatitis B : sebuah seri vaksinasi yang terdiri dari 3 kali penyuntukan untuk melindungi anak dari virus hepatitis B.

Vaksin DPT : sebuah seri vaksinasi yang terdiri dari 3 kali penyuntikan yang memberi kekebalan terhadap penyakit difteri, pertussis dan tetanus. Booster pertama biasanya diberikan pada umur sekitar 18 bulan dan yang selanjutnya diberikan pada usia sekitar 4-5 tahun.

Vaksin polio oral : Sebuah seri vaksinasi yang terdiri dari 3 dosis siru untuk melindungi anak dari penyakit polio.

Vaksin BCG : vaksinasi berupa penyuntikan tunggal untuk memberi kekebalan terhadap penyakit tuberculosis.

Vaksin Hib konjugasi (bersifat opsional) : sebuah seri vaksinasi yang terdiri dari 3 kali penyuntikan untuk melindungi anak dari infeksi Haemophilus influenzae tipe B.

Beberapa vaksin perlu diulang pemberiannya ketika anak semakin besar. Beberapa vaksin lainnya tidak diberikan sampai sistem kekebalan anak sudah mulai berkembang, misalnya vaksin MMR (measles, mumps, rubella).

Setelah vaksinasi, anak mungkin akan sedikit demam atau agak rewel. Hal ini disebabkan karena sistem kekebalannya sedang bereaksi terhadap vaksin dan sedang memproduksi antibody yang akan memberinya perlindungan terhadap penyakit tersebut.

Vaksinasi untuk anak diberikan gratis di Klinik Ibu dan Anak Milik Pemerintah, kecuali untuk vaksinasi Hepatitis B dan Hib.

Tidak ada komentar: