Rabu, 05 November 2008

The 1st National Symposium on Immunization

Pada tanggal 27-28 Oktober lalu telah diselenggarakan symposium dan workshop nasional tentang imunisasi di hotel Borobudur Jakarta. Peserta sebagian besar adalah dokter spesialis anak. Simposium mengingatkan kembali pentingnya upaya preventif terhadap penyakit-penyakit yang bersifat fatal, terutama pada bayi dan anak yang masih rentan daya tahan tubuhnya dalam menangkal penyakit.

Selain perkembangan terbaru tentang jadwal pemberian imunisasi, dan rekomendasi cara pemberian serta jenis vaksin wajib dari hasil penelitian terakhir, ditekankan juga pentingnya pemberian imunisasi lain yang sifatnya masih dianjurkan. Pada kesempatan tersebut diperkenalkan vaksin baru Rotavirus untuk mencegah penyakit diare rotavirus pada bayi dan anak, meski vaksin tersebut masih belum beredar di Indonesia. Rotavirus merupakan penyebab tersering diare pada anak.

Imunisasi yang dianjurkan seperti HiB, PVC, Varicella, MMR, dll juga penting diberikan pada bayi dan anak, karena selain memiliki angka morbiditas (kesakitan) yang tinggi, penyakit seperti meningitis (radang selaput otak), sepsis, dan pneumonia pneumococcus memiliki angka mortalitas (kematian) tinggi.

Selesai symposium dilanjutkan dengan workshop tentang Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI), penyimpanan vaksin yang baik, catch up immunization, dll.